Ilmu Campuran Seputar Blog, Pendidikan & Sastra

Minggu, 03 Juli 2016

Cara Terbaru Membackup Data Blog

 Membackup Data Blog

Selamat pagi sobat Azizah's Blog. Kali ini saya akan berbagi tips penting mengenai cara membackup data blog. Penulisan artikel kali ini berangkat dari keluhan para sahabat blogger yang mengaku bahwasannya blog mereka dihapus oleh google. Alasan mengapa blog bisa dihapus? Sejauh yang saya tahu hingga saat ini bisa jadi karena beberapa alasan.
1. Blog melanggar peraturan google itu sendiri.
2. Ada orang yang kelewat iseng atau tidak suka dengan kita sehingga mereka akan menghack blog kita. 

Baiklah, coba sobat bayangkan, weblog yang sudah dikelola sedemikian rupa, didesain semenarik mungkin, diisi dengan conten yang berkualitas tiba-tiba dihapus oleh google? Tentu nyesek banget ya (menurut saya :)), karena jujur saja tidak butuh waktu yang sedikit untuk mengelola blog ini. Dibutuhkan kerja keras men hehe. 

Ok, jadi bagaimana mengatasi hal tersebut? Untuk mengatasi hal tersebut agar tidak menimpa sobat blogger, maka sobat harus jaga-jaga dengan cara membackup seluruh data blog mulai dari sekarang. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati (pepatah lama). Ya, jadi bagaimana cara membackup data blog? Simak langka-langkah berikut ini.

1. Pastikan sobat sudah login dan membuka halaman dashbor.
2. Setelah itu pilih menu setting => other => import & back up => Back up content.
3. Setelah itu simpan baik-baik file xml yang sudah sobat unduh. Jika suatu hari blog sobat dihapus, maka sobat tinggal upload file tersebut.

Sederhana sekali, bukan? Tapi banyak sobat blogger yang lalai dalam hal ini, termasuk saya sendiri.
Semoga bermanfaat. 
Baca juga: Cara Menghilangkan Navbar di Blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar