Ilmu Campuran Seputar Blog, Pendidikan & Sastra

Kamis, 23 Juni 2016

Cara Mudah Membuat Blog di Blogspot


Membuat Blog di Blogspot/Blogger

Hallo sahabat SDS (Sajak dalam Sepi) :)
Bagaimana kabarnya? Semoga masih baik-baik saja.

Kali ini saya akan membahas mengenai "cara mudah membuat blog di blogspot." Ada banyak platform gratisan yang bisa sobat gunakan untuk membuat sebuah blog, seperti Wordpress, Multiply dan Blogger itu sendiri atau yang biasa kita sebut dengan Blogspot. Namun kali ini saya hanya akan membahas cara membuat blog di blogspot atau blogger.com. Caranya gimana? Mudah. Silakan sobat simak langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan email terlebih dahulu, entah itu yahoo, gmail dll. Tapi saran saya lebih baik menggunakan akun gmail karena dengan satu akun gmail sobat akan terhubung secara otomatis ke akun yang lain seperti: youtube, google drive, google +, dll.
Silakan baca di sini bagi yang belum memiliki akun gmail serta tata cara mendaftar.

2. Jika sobat sudah punya akun gmail, silakan ketikkan www.blogger.com pada browser, selanjutnya sobat akan memasuki halaman akun gmail seperti gambar no.2 di bawah ini.


Ketik tambahkan akun untuk mengakses email. Silakan klik untuk memperbesar gambar.


3. Setelah memasukkan email dan sandi, selanjutnya pilih masuk/login. Misalkan disini saya memilih akun yang pertama (Roichatul Azizah).


4. Karena sobat belum memiliki blog, maka langkah selanjutnya yang harus sobat lakukan adalah pilih blog baru. Disitu tampak beberapa blog saya, karena saya sudah memiliki blog.


5. Selanjutnya perhatikan gambar di bawah ini:


no. 1 = Judul blog, misalkan: Ilmu Pengetahuan Campuran
no. 2 = Alamat blog, misal: ipc22blogspot.com.

coba perhatikan gambar di atas. Pada gambar I menunjukkan alamat blog tidak tersedia (maaf, alamat blog tidak tersedia) itu artinya alamat diatas sudah terpakai, sehingga buatlah alamat yang unik dan semenarik mungkin agar mudah diingat. Misal dengan mengkombinasikan angka dan huruf seperti contoh alamat blog di atas.
Jika alamat blog yang sobat buat sudah tersedia, maka tanda akan berubah cheklist berwarna biru. (Perhatikan gambar ke 2). Jika sudah selesai, pilih buat blog.

5. Berikut adalah tampilan halaman utama jika blog sobat sudah berhasil dibuat.

Selesai, mudah bukan :)
Semoga bermanfaat ya.

Silakan baca: Mengelola profil atau Pengaturan Dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar